Home Hikmah Ideologi Never Die!!

Ideologi Never Die!!

3 min read
0
15

Manusia bisa mati, tapi ide tidak bisa mati, manusia bisa jadi berubah tapi ide tidak pernah berubah. Karena itulah ide lebih bertahan lama ketimbang manusia.

Kumpulan ide yang berasal dari cara pandang tertentu, dikenal dengan ideologi. Yakni keyakinan mendasar yang memancar darinya seperangkat aturan tentang hidup.

Bagi mereka yang punya ideologi, hidup mereka terarah, begitu juga dengan matinya. Tiap-tiap sumberdaya yang mereka miliki akan mereka kerahkan untuk ideologinya.

Dari sudut pandang yang khas itulah, kita mengenal hanya tiga ideologi di dunia, dua buatan manusia dan satu dari Tuhan, yaitu Kapitalisme, Komunisme, dan tentu Islam.

Ketiga ideologi ini punya perspektif khas tentang kehidupan, dan juga punya seperangkat aturan untuk menyelesaikan tiap-tiap permasalahan dalam kehidupan manusia.

Hebatnya ideologi, ia juga memberi arah pada siapapun yang mengembannya, memberi panduan-panduan, hingga jadikan pengembannya punya keunikan tertentu
.
Ideologi akan mengubah siapapun yang mengembannya, agar sejalan dengan dasarnya. Bukan manusia yang mengubah ideologi, ideologi yang mengubah manusia.

Ideologi akan menyeragamkan siapapun yang mengembannya, sebab perbuatan menyesuaikan dengan pemikiran, dan dasar dari pemikiran adalah aqidah itu sendiri.

Maka aqidah Islam berbeda dengan aqidah Kapitalis, berbeda pula dengan aqidah Komunis. Maka wajar pengembannya pun berbeda dalam perbuatan dan perkataan.

Sebaliknya, walau secara KTP mengaku Muslim, tapi bila perbuatannya justru lebih kepada Kapitalis atau Komunis, maka sebenarnya itulah dasar berpikirnya.

Maka jangan tertipu dengan orangnya, lihat ideologinya. Dengar perkataannya, perhatikan tingkah lakunya, maka kita akan tahu apa ideologi seseorang secara pasti.

Bila dia Islam, pasti ingin selalu terikat dengan hukum Allah, bila Kapitalis, maka akan mengukur kebahagiaan dengan dunia, Komunis tak suka agama dan ulama misalnya.

Dan ideologi tak pernah mati, hanya menunggu pengembannya, dan bila ia sudah diemban, dia akan bangkit lagi, dengan cara yang sama, dengan ruh yang sama.

Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan

Check Also

Cara Mudah dan Benar Untuk Unlock BootLoader HP Xiaomi

Cara Mudah dan Benar Untuk Unlock BootLoader HP Xiaomi: Mi Note 3  Redmi Note 5A  Mi MIX 2…