Batas atau Limit Pengiriman Email-Keluar Secara Massal di CPanel.

Sekali-kali diperlukan pengiriman email secara massal (dan legit) yakni dikirim sekaligus ditujukan ke puluhan atau ratusan penerima sekaligus, baik melalui kolom TO, CC (carbon-copy), maupun kolom BCC. Tentunya isi dan tujuan email harus “legit” serta hanya ditujukan ke relasi. Legit dalam arti bukan email marketing yang ditujukan ke pihak yang tidak dikenal atau tidak pernah berhubungan sebelumnya (Spamming).

Agar pengiriman lancar dan seluruh email mencapai tujuannya, perlu diperhatikan beberapa hal penting sbb:

Pada dasarnya akun shared-hosting tidak dirancang dan dilarang untuk tujuan pengiriman email massal. Bisa dipastikan setiap paket shared-hosting selalu memiliki batas maksimum pengiriman email per jam (Maximum Outgoing Emails per Hour). Bila melewati limit tersebut, sebahagian akan di-queue untuk quota jam berikutnya (mis: 100%+25% jam berikutnya), selebihnya akan dibuang secara otomatis oleh sistim shared-server tersebut.

Sangat dianjurkan untuk membatasi TO/CC/BCC (alamat email tujuan pengiriman) antara angka 50~100 alamat email (amannya di angka 50), per tiap email yang dikirimkan.
Contoh: Untuk mengirimkan 1 (satu) email pengumuman ke 200 pelanggan, cara yang baik dan aman adalah mengirimkan beberapa email yang sama, masing-masing di-CC ke 50~100 alamat tujuan (total ke 200 email pelanggan). Pengiriman dilakukan secara interval, beri jeda 30 detik atau lebih sebelum mengirimkan email kedua dan seterusnya.

Catatan: YahooMail/Gmail/Hotmail/dan-lain-lain, juga server-server (mailboxes) lainnya selalu memiliki limit penerimaan email masuk dari luar (bervariasi). Biasanya ada batas kirim-sekaligus ke maksimum 50 emails di YahooMail/Gmail/Hotmail/dan-lain-lain. Umumnya, bila server menerima satu email yang ditujukan ke 100 atau lebih alamat (bervariasi tergantung setup server masing-masing), maka akan dianggap spam oleh sistim filter di server bersangkutan dan dibuang/ditolak. Sering apabila server tujuan merasa email massal/spam terlalu banyak, maka akan dilakukan blokir alamat IP asal email spam tersebut, minimal domain email asal tersebut akan diblokir untuk waktu tertentu (atau permanen).

Apabila memerlukan pengiriman email massal secara rutin, harus dilakukan melalui layanan khusus bulk-email. Contoh: www.getresponse.com‎, www.verticalresponse.com dan sebagainya.

Pengiriman email massal dan rutin melalui akun shared-hosting merupakan pelanggaran serius dan hal ini selalu dicantumkan di Terms of Service atau Peraturan Layanan jasa-jasa shared-web-hosting.

Batas/limit email-keluar per jam berbeda-beda tergantung jenis paket hosting, biasanya semakin besar kapasitas paket hosting maka semakin tinggi limit angka max outgoing email per hours di paket tersebut. Umumnya angka limit berkisar antara 100 s/d 1.000 emails keluar per jam, tergantung kapasitas paket hosting.

Demikianlah artikel tentang limit exceed email yang bermasalah pada cpanel shared hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Apa sih Fungsi dan Tugas SysAdmin itu?

SysAdmin System Administrator (dikenal juga sebagai admin, administrator, sysadmin, site a…