SysAdmin System Administrator (dikenal juga sebagai admin, administrator, sysadmin, site admin, dll) merupakan profesi yang memiliki Fungsi dan Tugas SysAdmin untuk melakukan administrasi terhadap sistem, melakukan pemeliharaan sistem, memiliki kewenangan mengatur hak akses terhadap sistem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem. Administrator atau system administrator ini biasanya masuk ke dalam departemen atau divisi teknologi dan informasi dalam struktur organisasi perusahaan.

Administrator sistem, atau sysadmin, adalah orang yang bertanggung jawab atas pemeliharaan, konfigurasi, dan pengoperasian sistem komputer yang andal; terutama komputer multi-pengguna, seperti server, uptime, kinerja, sumber daya, dan keamanan komputer yang dia kelola memenuhi kebutuhan pengguna, tanpa melebihi anggaran yang ditetapkan saat melakukannya.

Ruang lingkup kerja system administrator ini sangat bervariasi tergantung besarnya organisasi. Administrator dituntut untuk mampu memelihara dan menyelesaikan permasalahan pada bidang TI yang dikuasai.

Administrator sebelumnya sudah dipersenjatai oleh ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam bidang teknologi informasi, khususnya dalam hal supporting system, mulai dari pelacakan masalah (troubleshooting) hardware sampai dengan troubleshooting masalah software. Bahkan dalam profesinya, administrator juga memiliki sertifikasi untuk spesialisasi tertentu.

Beberapa tugas dari seorang administrator adalah sbb:

  • Merancang dan melakukan instalasi hardware dan software
  • Mendefinisikan dan megidentifikasikan atribut yang digunakan oleh user
  • Melakukan dokumentasi konfigurasi sistem
  • Menjaga tingkat keamanan instalasi komputer
  • Melakukan tuning kinerja sistem komputer
  • Meyakinkan infrastruktur dan jaringan komputer dalam keadaan baik
  • Melakukan backup dan restore
  • Menjawab masalah teknis dan memecahkan masalah
  • Melakukan audit software dan hardware
  • Mengidentifikasi ancaman dan tanggap terhadap isu yang berhubungan dengan sistem
  • Mengenalkan teknologi baru kepada user dalam sistem yang tengah digunakan
  • Resiko apa yang ditimbulkan jika administrator melakukan kesalahan?

Sebagaimana dipaparkan pada fungsi Administrator, daya guna komputer akan berjalan optimal jika Administrator mampu mengerjakan tugas yang di emban. Apabila tidak, beberapa risiko yang dapat timbul antara lain :

  • Pemanfaatan sumber daya komputer tidak optimal.
  • Kerusakan dan kehilangan data.
  • Pembiasan informasi yang diharapkan menjadi penunjang keputusan.
  • Kehilangan daya tanggap dan kenyamanan dalam penggunaan komputer.
  • Etika System Administrator.

Seorang Sistem Administrator umumnya memiliki kode etik sama seperti kode etik profesi lainnya, karena ketika berhubungan dengan profesi seseorang akan selalu dituntut memiliki responsibility (rasa tanggung jawab) penuh terhadap apa yang ditawarkan dan apa yang diberikan kepada user/kantor.

Menjadi seorang Sistem Administrator (SysAdmin) harus komit melakukan/ melaksanakan/ menggunakan dan setuju untuk menjalankan sesuai pedoman kode etik ini untuk diri sendiri dengan standard tertinggi etika dan profesional, dan mendorong setiap Sistem Administrator yang untuk melakukan hal yang sama.

Kode etik bagi seorang SysAdministrator yang harus dipatuhi

Profesionalisme : Profesional adalah menjalankan pekerjaan atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya. Untuk menjadi orang yang professional, diperlukan : komitmen, tanggung jawab, kejujuran, sistematik berfikir, penguasaan materi, menjadi bagian masyarakat professional.

Integritas Pribadi : Berlaku jujur dalam urusan profesionalitas, dan tantangan yg akan datang dan dampak dari kesalahan dilakukan setrta mencari bantuan dari orang lain bila diperlukan. Menghindari konflik kepentingan dan prasangka bila memungkinkan.

Privasi : Menjaga dan melindungi kerahasiaan informasi apapun yang bisa diakses tanpa dengan metode apapun. Hanya akan mengakses informasi rahasia pada sistem komputer jika diperlukan saja dalam pelaksanaan tugas-tugas teknis.

Hukum dan Kebijakan : Mendidik diri sendiri dan orang lain supaya relevan pada undang-undang, peraturan dan kebijakan mengenai kinerja tugas-tugas.

Komunikasi : Menjalankan komunikasi dengan manajemen, pengguna komputer (operator) dan rekan-rekan tentang semua kepentingan bersama yang berkaitan dengan komputer. Dan akan berusaha untuk mendengarkan dan memahami kebutuhan semua pihak

Integritas Sistem : Memastikan integritas yang diperlukan, kehandalan, dan ketersediaan sistem yang menjadi tanggung jawab. Merancang dan memelihara masing-masing sistem dengan tujuan untuk mendukung sistem organisasi.

Pendidikan : Selalu memperbaharui dan meningkatkan pengetahuan teknis dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan keterampilan. Serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain.

Tanggung jawab kepada Komunitas Komputasi : Bekerja sama dengan komunitas komputer yang lebih besar untuk mempertahankan integritas jaringan dan sumber daya komputasi yang ada.

Tanggung Jawab Sosial : Sebagai profesional dalam informasi, perlu rajin menulis dan mengadopsi kebijakan yang relevan yang sesuai dengan undang-undang prinsip-prinsip etika.

Tanggung Jawab etika : Berusaha untuk membangun dan mempertahankan rasa aman, sehat, dan produktif di tempat kerja. Melakukan yang terbaik untuk membuat keputusan yang konsisten dengan keselamatan, privasi, dan kesejahteraan dari komunitas saya dan publik, dan untuk segera membuka (menyelesaikan) faktor yang dapat menjadikan risiko atau bahaya yang tak terduga. Jujur menerima dan menawarkan kritik pekerjaan secara teknis sebagaimana mestinya dan akan memberi kontribusi yang benar pada orang lain. Mendukung rekan-rekan pekerja dalam mengikuti kode etik.

Etika profesi merupakan bagian dari etika yang menyangkut bagaimana mereka harus menjalankan profesinya secara profesional. Dengan etika profesi diharapkan kaum profesional seperti seorang System Administrator dapat bekerja sebaik mungkin, serta dapat mempertanggungjawabkan tugas yang dilakukan dari segi tuntutan pekerjaannya.

Sumber tulisan ada disini : http://blog.stikom-db.ac.id/archives/6

Tulisan diatas adalah sebagai bahan catatan dan bahan bacaan (pengingat) Admin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Cara Mudah dan Benar Untuk Unlock BootLoader HP Xiaomi

Cara Mudah dan Benar Untuk Unlock BootLoader HP Xiaomi: Mi Note 3  Redmi Note 5A  Mi MIX 2…